Selasa, 10 Mei 2011

Kamu Mengecewakanku - Tempatkan Orang Sesuai Keahlian

84. Kamu Mengecewakanku

Seorang kawan minta sejumlah uang kepada Nasrudin. Nasrudin yakin bahwa uang itu tidak akan dikembalikan. Tetapi karena ia tidak mau menyakiti hati kawannya dan jumlah uang itu kecil saja, ia memberinya. Ia terkejut ketika persis seminggu sesudah pinjaman itu diberikan, orang itu mengembalikannya.

Sebulan kemudian ia kembali untuk minta uang yang sedikit lebih banyak. Nasrudin menolak.

Berdasarkan laporan yang diperolehnya, Caliph mengangkat Nasrudin menjadi Kepala Penasihat di istana. Karena kekuasaannya tidak diperoleh berdasarkan kemampuannya, tetapi berkat wibawa Caliph, Nasrudin membahayakan semua orang yang datang untuk minta nasihatnya, sebagaimana jelas dalam peristiwa berikut ini:Ketika orang itu bertanya mengapa ia menolak, ia menjawab, “Kali lalu saya tidak mengharapkan engkau mengembalikan uang itu, dan engkau mengecewakan harapanku. Kali ini saya mengharapkan engkau mengembalikan uang itu, saya tidak mau dikecewakan lagi!


85. Tempatkan Orang Sesuai Keahliannya

Berdasarkan laporan yang diperolehnya, Caliph mengangkat Nasrudin menjadi Kepala Penasihat di istana. Karena kekuasaannya tidak diperoleh berdasarkan kemampuannya, tetapi berkat wibawa Caliph, Nasrudin membahayakan semua orang yang datang untuk minta nasihatnya, sebagaimana jelas dalam peristiwa berikut ini:

Nasrudin, anda adalah orang yang berpengalaman,” kata seorang bangsawan.

Apakah anda tahu obat sakit mata? Saya sangat menderita karena mata saya.

Baiklah, saya bagikan pengalaman saya sendiri dengan anda,” kata Nasrudin.

Saya pernah sakit gigi dan tidak sembuh sebelum gigi itu dicabut.

0 Responses to “Kamu Mengecewakanku - Tempatkan Orang Sesuai Keahlian”

Posting Komentar

All Rights Reserved Humor Sufi | 2011